Sunday, April 16, 2017

Jenis-jenis Gula

Jenis-jenis Gula


White Sugar

Ada banyak jenis gula pasir, dan sebagian khusus hanya dipakai dalam industri makanan dan juru masak professional dan tidak dijual di supermarket. Jenis gula pasir ini dibedakan pada ukuran kristalnya. Setiap ukuran kristal memberikan karakteristik yang unik sehingga gula tersebut tepat untuk dipakai pada jenis makanan tertentu.

Bakers Special Sugar

Ukuran kristal pada gula ini jauh lebih halus daripada gula buah. Sesuai dengan namanya, jenis gula ini hanya dibuat untuk industri bakery. Gula ini dpakai untuk taburan pada donat dan cookies, juga pada beberapa resep cake untuk memberikan tekstur yang halus.

Castor / Caster Sugar

Gula jenis ini adalah gula yang amat sangat halus (superfine sugar) sehingga akan seketika larut dalam adonan.

Confectioners atau Powdered Sugar

Gula ini disebut icing sugar di Inggris dan sucre glace di Perancis. Gula ini adalah gula pasir yang digiling sehingga menjadi bubuk kemudian ditapis. Gula ini juga diberi tambahan 3% tepung jagung untuk mencegah penggumpalan. Gula bubuk ini digiling menjadi 3 jenis kehalusan. Confectioners sugar yang dijual di supermarket adalah yang paling halus di antara ketiganya, dan digunakan dalam membuat icing, permen dan whipped cream. Dua jenis gula bubuk lainnya hanya digunakan untuk industri bakery.

Coarse Sugar

Juga dikenal dengan nama pearl atau decorating sugar. Sesuai dengan namanya, ukuran kristal pada gula ini lebih besar daripada gula “biasa”. Gula ini diperoleh ketika sirup gula yang kaya sukrosa dibiarkan mengkristal. Ukuran kristal yang besar membuat gula ini tidak berubah warna dan tidak terurai menjadi fruktosa dan glukosa pada temperatur tinggi saat dimasak. Karakter-karakter ini membuat gula ini tepat untuk membuat fondant, permen dan liquor.

Date Sugar

Date sugar sebetulnya lebih merupakan sejenis makanan daripada jenis gula. Gula ini didapat dari kurma yang dikeringkan dan digiling, sehingga mengandung serat yang tinggi. Penggunaannya sangat terbatas karena harganya dan juga karena gula ini tidak larut dalam cairan.

Fruit Sugar

Gula ini sedikit lebih halus dari gula “biasa” dan digunakan pada campuran kering seperti gelatin, pudding atau minuman bubuk. Ukuran kristal pada fruit sugar lebih seragam, \ sehingga  tidak ada butir-butir gula yang lebih besar di dasar kotak / bungkusnya. Karakter ini penting untuk bahan campuran kering.

Granulated Sugar

Juga disebut gula meja atau gula putih. Gula jenis ini sangat popular bagi para konsumen, karena umum digunakan di rumah. Seringkali digunakan dalam banyak resep hidangan. Karakter utama yang membedakan gula ini dengan jenis gula lainnya adalah warnanya yang seputih kertas dan kristal yang halus. Sugar cubes – Terbuat dari gula putih yang dilembabkan, di-press dalam cetakan, kemudian dikeringkan.

Raw Sugar

Gula mentah ini diperoleh sebelum tetes diangkat dari gula dalam proses pembuatan gula. Jenis gula yang popular adalah Demerara sugar dari Guyana dan Barbados sugar. Turbinado sugar adalah jenis raw sugar yang sudah dibersihkan dari berbagai kontaminasi dengan cara penguapan (steam). Gula ini berwarna kecoklatan dengan rasa molase yang ringan.

Sanding Sugar

Juga disebut coarse sugar. Gula dengan kristal besar ini digunakan dalam industry bakery dan permen sebagai taburan pada produk-produk bakery. Kristal yang besar merefleksi cahaya dan memberikan tampilan berkilau pada produk.

Superfine, Ultrafine, atau Bar Sugar

Ukuran kristal pada jenis gula ini adalah yang paling halus dari semua jenis gula putih lainnya. Tepat untuk digunakan pada cake dan meringue dengan tekstur rumit, juga untuk pemanis buah-buahan dan minuman dingin karena sangat mudah larut. Di Inggris, gula ini dikenal dengan nama castor sugar, sebutan yang diperoleh dari jenis shaker /wadah dari gula ini ketika dijual.

Brown Sugar

Gula ini menyimpan sebagian sirup molase yang memberikan rasa khas yang menyenangkan. Dark Brown Sugar berwarna lebih gekap dengan rasa molase yang lebih keras dibandingkan dengan Light Brown Sugar. Jenis light umumnya digunakan untuk jenis hidangan yang dipanggang dan untuk membuat permen butterscotch, kondimen dan glaze. Dark brown sugat tepat untuk dipakai dalam membuat gingerbread, mincemeat, dan jenis-jenis hidangan yang kaya rasa.

Demerara Sugar

Populer di Inggris, gula ini termasuk light brown sugar dengan kristal besar berwarna keemasan dan agak lengket. Seringkali digunakan dalam teh, kopi atau dituangkan di atas cereal.

Muscovado atau Barbados Sugar

Gula specialty dari Inggris ini berwarna coklat gelap dan mempunyai rasa molase yang keras dan khas. Butiran kristal gula ini kasar dan lebih lengket dibanding brown sugar biasa.

Free-flowing Brown Sugar

Jenis gula ini adalah produk khusus yang dibuat dengan proses cocrystallization. Proses ini menghasilkan brown sugar bubuk yang sangat halus dan tidak selembab brown sugar biasa. Karena tidak terlalu lembab, gula ini tidak menggumpal. Turbinado Sugar – Gula ini adalah gula mentah yang sudah melalui sebagian proses dimana lapisan molase di bagian atas sudah diangkat. Warnanya kekuningan dengan rasa lembut brown sugar, dan seringkali digunakan pada teh dan minuman lainnya.

Liquid Sugar


Ada beberapa jenis gula cair. Gula cair (sukrosa) adalah gula putih yang sudah dilarutkan dalam air sebelum digunakan. Produk ini ideal untuk resep-resep yang menggunakan gula cair. Amber Liquid Sugar berwarna lebih gelap dan dapat digunakan pada makanan jika ingin mendapatkan warna kecoklatan.

 Invert Sugar

Sukrosa dapat dipecah menjadi dua komponen gula (glukosa dan fruktosa). Proses ini disebut inversi, dan produk yang dihasilkan dinamakan inverse sugar. Gula ini dipasarkan dalam bentuk produk cair yang mengandung glukosa dan fruktosa dalam jumlah yang sama. Karena fruktosa lebih manis dari glukosa maupun sukrosa, gula ini lebih manis daripada gula putih.


Gula ini digunakan dalam industri makanan untuk menghambat kristalisasi gula dan menahan kelembaban dalam makanan yang dibungkus. Jenis invert sugar yang mana yang digunakan tergantung pada fungsi yang mana yang diperlukan – menghambat proses kristalisasi atau menahan kelembaban.



No comments:

Post a Comment